Rabu, 16 Januari 2013

BEDANYA SYIRIK DENGAN IMAN

 Banyak sekali orang bertanya hari ini apa beda orang-orang Musyrik dan orang beriman, apa beda zina dengan hubungan suami istri dan apa bedanya orang munafik dan orang mukmin?
            sebenarnya jawabannya simple saja, namun yang sangat sulit adalah pemahamannya dan pengamalannya, apalagi menyampaikannya.

Bedanya syirik dengan iman.

Syirik itu adalah menjadikan, mengadakan, membuat tuhan selain Allah Swt...
                           misalnya begini : ketika seseorang ditimpa penyakit atu musibah secara mendadak. apa mula-mula teringat dan tindakan apa yang pertama kali dilakukan. kalau yang teringat obat apa yang bisa menyembuhkan saya, dokter siapa yang bisa menolong saya. Demikian juga ketika seseorang ditimpa musibah, siapa yang bisa menolong saya, dari mana sumber duit untuk menyelesaikan persoalan saya,. pikiran atau tindakan begini telah tergolong syirik atau disebut telah mensyariatkan ke-besaran Allah Swt.
                                                            Namun bukan berarti kita kalau sakit tidak boleh berobat atau pergi kepada dokter. itu boleh-boleh saja, tetapi yang penting bagi orang yang beriman jika diserang penyakit atau musibah, pertama kali yang dilakukan adalah" ingat kepada Allah dan mohon bantuan kepada-Nya. dalam dirinya berkeyaqinan bahwa yang mendatangkan penyakit dan musibah adalah Allah dan yang bisa menolongnya  juga Allah. setelah itu barulah dia mencari atau membeli obat sesuai dengan resep Dokter. Maksudnya Allah dinomor satukan dan Makhluk di nomor duakan dan seterusnya.
                 Begitu pula ketika seseorang ditimpa musibah atau cobaan, maka yang pertama kali dia lakukan adalah ISTIGFAR, mohon ampun kepada Allah. kemudian dia memohon bantuan kepada Allah, barulah dia berikhtiar dan berusaha mencari bantuan kepada saudara-saudara yang lain.

Bedanya kumpul kebo dengan Suami istri.

   Sekarang banyak yang terjadi yang disebut kumpul kebo", Seks bebas alias Zina dikalangan umat. kalau dilihat dari segi kerjanya dan rasanya, ya sama saja dengan hubungan suami istri. Beda apanya? bagi orang beriman  perkumpulan dua jenis lelaki dan perempuan itu diawali dengan pernikahan baru kawin pakai aturan agama. Pernikahan mempunyai syarat khusus, pertama dibacakan ijab kabul, istigfar dan dua kalimat syahadat. kedua ada Wali nikah, ketiga ada Uang mahar, keempat ada saksi pernikahan.
                 bagi yang kumpul kebo yang waktu kerjanya sama, dan rasanya sama, namun hasilnya berbeda. Dia kawin mengikuti kehendak hawa nafsu, akan melahirkan anak haram jaddah, orang kampung mendapat bala. setelah mati perbuatan haram itu akan mengantarkannya kedalam neraka jahannam yang adzabnya sangat pedih.
                                                           Sedangkan bagi orang beriman akan melahirkan anak-anak salih dan salihah, berguna bagi keluarga, bangsa dan agama. mereka akhirnya akan mendiami Syurga Allah yang penuh kenikmatan.

Bedanya Mukminin dengan Munafik.

   Perkara mukmin dan munafik ini memang sulit untuk dikaji karena kadang kala kasusnya terjadi diantara orang yang sama-sama beragama Islam.
Untuk mengetahuinya tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi memerlukan pengorbanan, latihan dan perasaan.
Misalnya : kalau kita ambil segelas madu lebah sebagai obat, lalu kita ambil segelas minyak oli, kemudian kita lihat dan cermati ditempat yang sama. Sekilas dilihat dengan mata telanjang, atau bahkan dengan kaca pembesar, warnanya sama saja.lalu diraba dengan jari tangan, rasa gelinyirnya juga sama tak ada bedanya. kapan kita tahu persis perbedaannya? kedua benda itu, oli mesin dan madu lebah, setelah dikecup dengan lidah, barulah otak dan hati kita membenarkannya (ilmu yaqin) bahwa madu lebah itu rasanya manis penuh kenikmatan dan penuh vitamin. dan oli mesin rasanya pahit masam, kalau diminum akan mengakibatkan jasmani keracunan yang membawa maut. sekarang tergantung kita mau minum madu (obat) atau oli (racun). jawabannya, amalan perbuatan, iman dan amal shalih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar