Kamis, 17 Mei 2012

Dakwah wat tabligh

Dakwah dan tabligh,
artinya :
Mengajak dan menyampaikan.
Maksudnya :
untuk memperbaiki diriagar kita dapat mempergunakan harta, diri dan waktu sesuai dengan perintah allah swt.
untuk menghidupkan agama secara sempurna pada diri kita sendiri dan pada diri seluruh manusia di seluruh alam.


the benefit :
allah swt berfirman :
Dan siapakah perkataannya lebih baik dari pada orang yang menyeru (manusia) kepada allah swt dan mengerjakan amal shalih  dan ia berkata," sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".
(holy qur'an - al-fusilat 33)

Nabi saw bersabda :
Barang siapa yang mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapatkan  pahala seperti orang yang mengamalkannya (HR. Muslim, Ahmad and imams from Abu hurairoh Ra - alJami'us shagir page 170)

Nabi saw bersabda :
'' Sesungguhnya sepagi sepetang (keluar) di jalan Allah swt, lebih baik dari pada (mendapatkan) dunia dan seluruh isinya..........''. (HR. Bukhari and Muslim from Anas Ra -At Tharghib 11/26)

# ANJURAN KHURUJ TIGA HARI PERBULAN DAN EMPAT PULUH HARI PERTAHUN DAN EMPAT BULAN SEUMUR HIDUP, SALAH SATUNYA DI AMBIL DARI PERINGATAN RASULULLAH SAW KEPADA PARA SAHABAT. HADITS INI TERMUAT DALAM KITAB SUNAN AT TARMIDZI BAB  FITAN NOMOR 2193.1

sesungguhnya kalian berada pada zaman, apabila kalian tinggalkan dakwah 10% kalian akan binasa, kemudian akan datang suatu zaman apabila kalian amalkan dakwa 10% maka kalian akan berjaya''.

 HOW THE WAY TO GET THIS POINT :
*selalu dakwahkan pentingnya keluar di jalan allah swt dalam diri, keluarga, tetangga dan seluruh umat manusia.

*Latihan meluangkan waktu untuk keluar dijalan allah swt minimal 4 bulan seumur hidup, 40 hari setiap bulan dan menghidupkan amal maqomi, seperti : taklim masjid & rumah, musyawarah  harian 2 1/2 jam khususi (bila ada / tambah 8 karkun buat 2 1/2  jam ijtima'i), jaula 1 dan 2, serta kelur 3hari setiap bulan. dan bagi suami dianjurkan untuk mengajak istri-istrinyak keluar 3hari dalam waktu 3bulan sekali, 15hari dalam waktu setahun sekali dan sekurang-kurangnya 2bulan seumur hidupnya.

*Berdoa kepada allah swt agar diberi hakikat Dakwah wat Tabligh, sehingga menjadi asbab hidayah bagi diri kita, keluarga, tetangga dan Manusia serta juga Jin di seluruh Alam,.

Maulana I'namul Hasan Rah.a katakan :
Beruntunglah orang-orang yang sudah kenal usaha dakwah, lebih beruntung lagi yang istiqomah dalam usaha ini, tetapi yang paling beruntung ialah mereka yang telah mati dalam usaha Dakwah ini,.

Maulana Sa'ad katakan :
Orang yang Sukses dalam Usaha Dakwah ini bukan yang bisa kelua 40hari 4bulan dan maqomi tetapi orang yang sukses dalam Dakwah  adalah orang yang mati dalam buat Dakwah.

Tuan-tuan !!! hari ini banyak  orang kaji tentang dakwah, metode dakwah, dalil dakwah, tetapi tak juga ikut jalan berdakwah, di tasykil alasan.
maka WALLAHI ! tak akan sampai kepada Rasulullah saw.
Ada orang yang tak mau bertanya langsung Dakwah cara dia bukan cara Nabi akhirnya sesat,.
Pelan-pelan pergi tasykil sambil belajar, tanya, mudzakarah, akhirnya allah swt sampaikan kepada Matlab Dakwah,.

Tuan-tuan !!! memang banyak orang tidak sabar dengan karkun sudah keluar tetapi muamalahnya gak betul, akhlaq gak betul, bodoh-bodoh, tetapi karena keluar niat ishlah, LEARNING BY DOING atau KARTE-KARTE SEKTEHE SEKTE-SEKTE KARTEHE (beramal sambil belajar, belajar sambil beramal) maka insya allahsuatu saat Allah akan perbaiki kehidupan mereka. dan lihat lah nanti !!! anak-anak mereka keluar jadi Ulama-Ulama.

Orang gak pernah keluar rumah maka tak tahu kalau rumahnya mereng, catny rusak, gentengnya jebol dsbg,. diberi tahu orang gak percaya, karena tak lihat lgsung. barulah ketika hujan turun, angin kencang dia akan rasakan akibatnya, rumahnya tak mampu melindunginya. setelah keluar rumah baru ia tahu bahwa rumahnya miring dsbg,.
BEGITU JUGA ORANG YANG TAK PERNAH KELUAR DI JALAN ALLAH SWT TAK TAHU AGAMANYA RUSAK, SHALATNYA GAK BETUL DAN LAIN-LAIN.
Setelah tasykil 3hari baru ia tahu bahwa shalatnya jebol dsbg, kalau tak keluar juga tak ada perbaikan dan ia akan sesalkan ketika ia berjumpa dengan ALLAH swt shalatnya dilemparkan seperti kain buruk ke wajahnya,.

KISAH PENCURI TELAH DI TANGKAP DI MARKAZ NIZAMUDIN 
lalu di serahkan kepada maulana ilyas rah.a.
beliau rah,a. bagi targhib dan nasehat. lepas itu ia mencuri lagi, jamaah kecewa kepada maulana ilyas rah,a kenapa hanya di targhib saja tak di pukuli..
maulana ilyas tahu kekecewaan mereka lalu maulana bagi bayan : Tuan-tuan siapa diantara tuan yang sudah merasa taqwa boleh pergi dari Markaz ini,
beliau katakan : Markaz ini bagaikan ember tempat pencucian , dimana setiap orang yang keluar dari markaz ini untuk di bersihkan......

KISAH SEORANG SAHABAT DI BERITAHU RASULULLAH SAW BAHWA DI HARI TUA DIA AKAN BUTA DAN MISKIN.
ketika ia punya uang 4000 dirham maka uang itu langsung di bagi-bagikan kepada fakir miskin.
Tuan-tuan sahabat diberitahu akan miskin maka langsung hartanya disedekahkan,
maka kita akan diberi tahu akan miskin pasti kita akan menyimpannya untuk hari tua,.
 awa
SEORANG YANG MENIKAH BERTUJUAN UNTUK MENDAPATKAN ISTRI BUKAN BERTUJUAN MENDAPATKAN HADIAH.
Seandainya seorang istri tahu bahwa ada laki-laki menikahi dirinya karena ingin dapatkan hadiah bukan ingin mendapatkan dirinya pastilah ia akan marah...!!!!!
TUAN-TUAN BEGITULAH....!!!!!
Orang beramal semata karena ingin dapatkan keridhoan allah swt bukan untuk dapat janji allah swt saja/pahala, syurga dan sbg. itu hanya efek amalan.

DOA MAULANA ILYAS RAH.A UNTUK DA'I AKHIR ZAMAN :
ya allah !!!!!  janganlah engkau uji mereka dengan ujian sebagaimana para sahabat.
ya allah !!!!! hantarkan mereka keseluruh alam dengan perantara asbab ataupun tanpa asbab pada mereka,
ya allah !!!!! orang yang menjadikan kerja dakwah ini untuk kepentingan dunia maka hancurkanlah....!!!!!

seorang datang kepada syaikh maulana ilyas rah.a dan katakan istrinya sakit berat, dan dokter tak dapat menangininya,.
Syaikh maulana ilyas rah.a katakan : lihatlah !!! itu jamaah sedang gerak bergabunglah dengan mereka, insya allah masalah kamu akan selesai.
Orang itu ikut saran maulana ilyas, dalam kondisi istri sedang sakit keras, orang itu pergi tasykil. beberapa hari minggu kemudian dia kembali wafsi tak tahu lagi bagaimana nasib istrinya, dia berfikir mungkin istrinya sudah di kuburkan atau penyakitnya bertambah parah.
pulang ke markaz melewati rumahnya, fikiran takaruan takut tengok keadaan rumahnya,.
         AJIB SAAT IA LEWAT ISTRINYA SEDANG  MENYAPU,, ALLAHU AKBAR....!!!!!
Sampai di markaz maulana ilyas bertanya :'' apa yang allah buat kepadamu????'' orang itu menjawab :'' allah sembuhkan istri saya,''
maulana ilyas katakan :''itulah allah !! jika kau kerjakan pekerjaannya (dakwah) maka ia akan kerjakan pekerjaanmu.............."""
ALLAHU AKBAR...ALLAHU AKBAR........!!!!! LAILAHA ILLALLAH.......!!!!!!
NIAT MAKAN UNTUK BERDAKWAH AKAN MENJADI ASBAB HIDAYAH
sebenarnya tidak ada amalan yang lebih hebat dari dakwah bahkan allah swt menentang  dalam al-qur'an :
''siapakah yang lebih baik ucapannya dari pada orang yang menyeru manusia kepada allah.......

orang yang buat dakwah akan mendatangkan pertolonagan allah swt. sebagaimana nabi allah Musa as, Ibrohim as, dan nabi-nabi allah lainnya,. ketika mereka dianiaya oleh raja-raja mereka maka langsunglah datang pertolongan allah swt....

1 komentar: